Sebuah Best Practice
Memperkuat Kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG)
melalui Data Based Decision Making (DBDM)
melalui Data Based Decision Making (DBDM)
Oleh: Hj Misdayati, MPd (Pengawas Pembina Dindikbud Kota Tangerang Selatan)
LATAR BELAKANG
- Peran strategis Kelompok Kerja Guru (KKG): kompetensi guru; kualitas pendidikan
- Adanya KKG yang melakukan kegiatan tanpa perencanaan yang baik
- Kekurangtahuan bagaimana merencanakan kegiatan peningkatan kompetensi
- Tahap awal: intervensi sederhana dalam merencanakan; melaksanakan kegiatan berdasarkan data-based decision making (DBDM)
MASALAH
Bagaimana mendesain kegiatan di Kelompok Kerja Guru (KKG) berdasarkan Data -Based Decision Making (DBDM)
TUJUAN
Informasi bagi stakeholder pendidikan khususnya pengurus dan anggota KKG tentang bagaimana mendesain kegiatan berdasarkan DBDM.
MANFAAT
- Memberi pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang konseptual dan praktik desain kegiatan dalam kelompok kerja guru
- Mengembangkan forum KKG agar dapat merancang kegiatan yang tepat sasaran.
- Data Based Decision Making (DBDM)
Proses analisis data untuk menentukan langkah-langkah strategis berdasarkan data yang tersedia dalam menentukan keputusan dan tindakan dalam rangka perbaikan sekolah beserta seluruh komponen di dalamnya
DATA DI SEKOLAH?
Jenis data
Data input; karakteristik guru & siswa (kualifikasi, pengalaman, perpindahan guru serta data tentang demography dan etnography siswa).
Manfaat data
- Untuk kelancaran dan ketepatan dalam proses belajar mengajar
- Peningkatan kompetensi guru
- Perencanaan program sekolah
KONTEKSTUAL BEST PRICE
Identitas
Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 13, Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan
Provinsi Banten
Pengurus:
Sekretaris:
Bendahara: Mus Herawati,SPd
Sekolah
SD N Pondok Benda 01,Sekolah Inti
Waktu
Februari 2016
Instrumen
Interview
DESIGN KEGIATAN
Penentuan KKG Target, Pengumpulan informasi awal dari anggota KKG
IMPLEMENTASI:
Pemberian Treatment berupa Pendampingan DDBM
Evaluasi Treatment:
Design kegiatan
IMPLEMENTASI / TREATMENT:
FASILITASI KEGIATAN KKG MELALUI PENDAMPINGAN
EVALUASI : INTERVIEW
- Pengenalan konsep dan manfaat data
- Penyusunan instrument sederhana
- Simulasi penggunaan dan pengolahan hasil instruktur program kegiatan
HASIL
Pendampingan DBDM pada pengurus KKG dan beberapa guru: KKG gugus 13 mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi anggotanya dalam setahun 2-3 kali. Beberapa pengurus menentukan jenis kegiatan, belum ada pelibatan anggota secara keseluruhan untuk menentukan jenis dan materi kegiatan yang akan dilakukan.
- Sebelum Pendampingan DBDM : KKG gugus 13 mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi anggotanya dalam setahun 2-3 kali. Beberapa pengurus menentukan jenis kegiatan, belum ada pelibatan anggota secara keseluruhan untuk menentukan jenis dan materi kegiatan yang akan dilakukan.
- Setelah pendampingan: Pengurus dan anggota KKG yang terlibat: mencari dan menentukan kegiatan berdasarkan harapan dan kebutuhan anggota KKG merupakan hal baru, mendapat pengetahuan analisa kebutuhan diklat, memberdayakan rekan anggota KKG
- Hasil interview pada anggota KKG menyatakan kegiatan yang dilakukan setelah pendampingan dari sisi materi yang disampaikan memang merupakan hal yang diperlukan
- Anggota KKG memiliki persepsi positif terhadap pengurus KKG dan kegiatan yang dilakukan
KESIMPULAN
Kegiatan di forum kelompok kerja guru akan lebih baik jika menggunakan DBDM. Perencanaan, dan desain kegiatan KKG yang dibuat berdasarkan data yang berasal dari para anggotanya akan menghasilkan suatu kegiatan yang tepat sasaran dan mendorong terbentuknya persepsi para anggota KKG terhadap pengurus, serta kegiatan kegiatan yang dilakukan.
Hj. Misdayati M.Pd pada Apresiasi Best Practice | Tingkat Nasional 2017 |
Comments
Post a Comment