Skip to main content

Kaisar Hirohito,Kaisar yang Menghargai Guru


Pada tahun 1945, ketika Jepang hancur lebur oleh bom atom yang dijatuhkan sekutu di Hirosyima dan Nagasaki, Kaisar Jepang saat itu, Hirohito (bertakhta 1926-1989) mengemukakan sebuah pertanyaan yang lebih mengguncang dari ledakan bom atom.


Saat itu, Kaisar Hirohito bertanya singkat kepada para pembantu dan menterinya yang menghadap untuk melaporkan tentang banyaknya rakyat Jepang yang mati dan sekarat karena terkena radiasi bom atom, pertanyaan yang diajukan Hirohito adalah, “Ada Berapa guru yang hidup?”

Pembantu kaisar dan menteripun terkejut bukan kepalang, seorang Jenderal mengajukan tanya, 
“Mengapa paduka menanyakan jumlah guru yang hidup?” Mendengar tanya itu, Kaisar Hirohito terdiam dan belum bereaksi.
Sang Jenderal melanjutkan protesnya,
 “Yang Mulia, saya sebagai tentara keberatan atas pertanyaan Yang Mulia. Mengapa justru guru yang Yang Mulia tanyakan, dan bukan tentara? Banyak sekali tentara kita yang meninggal di Laut Cina Selatan, di Borneo, Celebes, Papua, Burma, dan lain-lain. Mereka mati untuk membela Tanah Air dan Kaisar.”

Dengan bijaksana, Kaisar Hirohito menanggapi,
 “Tuan-tuan, apabila profesi-profesi yang lain tidak saya tanyakan, harap Tuan-tuan tidak tersinggung. Saya tahu banyak tentara kita yang gugur, dan kita semua bersedih karena hal tersebut.”

Hirohito terdiam sejenak lalu melanjutkan, “Tapi mengapa saya justru menanyakan berapa guru yang masih hidup di Jepang, Hal ini ini karena melalui para guru, Jepang akan cepat bangkit kembali.”

“Seperti kita saksikan bersama, hampir semua pabrik kita hancur, banyak pakar kita yang mati, dan sekarang negeri ini hancur dan lumpuh. Kita harus kembali mulai membangun negeri ini dari nol, dan hanya melalui gurulah kita dapat membangun kembali negeri ini.” 
Lanjut Hirohito.

“Mari kita benahi pendidikan kita melalui guru-guru yang kita punyai dan masih hidup. Melalui kerja keras kita, terutama guru-guru, saya yakin Jepang akan bangkit kembali, bahkan akan lebih hebat dari kemampuan kita sebelum perang terjadi.”

“Selama masih banyak guru yang hidup, saya yakin masih ada kesempatan bagi bangsa kita untuk  bangkit dari kekalahan dan mengejar ketertinggalan!” Ujar Hirohito dengan penuh keyakinan.

Ia memerintahkan menteri pendidikannya untuk menghitung jumlah guru yang tinggal dan masih hidup. Satu sumber menyebutkan bahwa jumlah guru yang tersisa di Jepang pada saat itu adalah sebanyak 45.000 orang. Sejak itu, Kaisar Hirohito gerilya mendatangi para guru yang tinggal itu dan memberi perintah juga arahan. Rakyat Jepang sangat menjunjung titah dari Kaisar ini dan dilaksanakan dengan penuh komitmen dan konsekuen.

Ada lima perintah atau arahan yang harus dilaksanakan oleh para guru dan dipercaya dapat membangkitkan serta memajukan negara Sakura ini kelak: 

  • Pertama, guru harus melaksanakan pendidikan yang bermutu. 
  • Kedua, guru harus disiplin dari murid. 
  • Ketiga, guru harus lebih pintar dari murid. 
  • Keempat, pendidikan itu harus bisa menuntun industri. 
  • Kelima, Saya akan kirimkan sebagian anda ke luar negeri, pelajari dengan benar dan bawa pulang ke jepang.


Pemerintah Jepang sendiri kini juga konsen dengan bantuan belajar luar negeri bagi guru, misalnya dengan beasiswa Monbukagakusho berupa training (pelatihan) guru Indonesia. Ini adalah kesempatan emas bagi guru Indonesia yang ingin menjadi guru yang lebih baik. Beasiswa ini sengaja dirancang khusus agar guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Selain diberikan pelatihan dalam cara mengajar, juga dibimbing membuat rencana belajar mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta pelatihan lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru.


sumber: 
https://apung.wordpress.com
http://aceh.tribunnews.com/2015/08/27/guru-belajar-dari-kebangkitan-jepang


Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Doa Islam shalawat yang sering dibaca

Beberapa shalawat yang sering dibaca ========================= SHALAWAT NABI MUHAMMAD ALLAHUMMA SHALLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALIHI WA SHAHBIHI WASALLIM" Artinya : "Ya Allah limpahkanlah sholawat untuk Sayyidina Muhammad dan keluarganya dan sahabatnya dan limpahkan baginya salam" SHALAWAT NABI SULAIMAN --------------------------------- ALLAHUMMA IN DAKHOLA FI SHUROTI SULAIMANA MINAL MASYRIQI WAL MAGHRIBI LIDZATIHI WA QUWWATIHI WA JABRO-ILA WA’AZRO-ILA WA MULKI SULAIMANA MINAL MASYRIQI WAL MAGHRIBI JINNAN WA INSAN WA RIHAN WA GHOMAMAN WA SALLAMA TASLIMAN JALLA JALALUHU YA IBLISASY SYAITHONA FI ZHULUMATI WAN NUR,ROBBANA TAQOBBAL SULAIMANABNI DAWUDA ALAIHIMAS SALAM BIROHMATIKA YA ARHAMAR ROHIMIN Artinya : ya allah ya tuhanku, apabila gambar nabi sulaiman masuk dari timur sampai barat dengan zatnya, dan kekuatannya, dan jibril dan mikail, dan israfil dan kerajaan nabi sulaiman yang meliputi dari timur sampai ke barat dari jin dan manusia dan angin dan awan dan ke
PROFIL PENGAWAS BERPRESTASI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN  KOTA  TANGERANG SELATAN BANTEN DATA DIRI DAN  KELUARGA Nama Lengkap : Hj. Misdayati, M.Pd Tempat/Tgl Lahir : Muaraduo, 24 April 1965 Alamat : Jln. Benda Timur 134 E Benda Baru Pamulang, Tangsel Banten NIK : 3674066404650008 NIP : 131496597 Satuan Tugas : UPT Kecamatan Pamulang Jabatan : Pengawas Sekolah KELUARGA Nama Suami : Drs. Syamsuddin,   M.Bsc Anak : 1. Agung Mandela SH    2.M Iqbal MGA Riwayat Pendidikan NO TINGKAT NAMA SEKOLAH/PERGURUAN TINGG TAHUN LLULUS 1 Sekolah Dasar SD 2 Muaraduo 1977 2 Sekolah Menengah Pertama Muhamadiyah Sumsel 1981 3 Sekolah Menengah Atas SPG Neg Palembang 1984 4 Diploma Universitas Terbuka Jurusan Guru Kelas Sekolah Dasar dan AKTA2/ Diploma2 1997 5 Sarjana Universitas Bandung Raya Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2003 6 Pasca Sarjana UHAMKA Program MM Evaluasi dan Penelitian Pendidikan 2011 PENGALAMAN ORGANISASI DAN PRESTAS

The celestial management ZIKR, PIKR, MIKR

Pada abad ke-21 ini, persaingan dalam sektor bisnis semakin tajam, sehingga setiap praktek bisnis yang ingin menang  persaingan, harus memiliki keunggulan kompetitif tertentu dibandingkan dengan Pesaing. Keunggulan kompetitif organisasi perusahaan bisa terbentuk Melalui berbagai cara.  Salah satu cara untuk memiliki keunggulan kompetitif adalah dengan Menerapkan nilai etika dan spiritualitas (nilai surgawi / manajemen surgawi) di Indonesia Praktik bisnis Nilai adalah nilai yang mengacu pada prinsip 3 W, yaitu Ibadah, Kekayaan, dan Peperangan. Riawan Amin dalam bukunya 'The Celestial Management'   memaparkan konsep Celestial Management yang terdiri dari 3 bagian besar yaitu Worship, Wealth dan Warfare. Ada konsep ZIKR ( Zero Base, Iman, Konsisten dan Result Oriented ) dimana perpaduan antara zero based, iman, dan sikap konsistenakan menghasilkan sebuah hasil yang optimal untuk kemajuan bersama. Sedangkan pada wealth terdapat PIKR ( Power Sharing, Information, Kn