Skip to main content

Feed Indonesia Feed The World


“Our food production must increase 70% to feed the world. This is a must, considering that by 2011 the world population will reach around 7 billion. Moreover, by 2045, there will be 9 billion people living on this planet. And over half of them will be in Asia.”
(25 January 2011, India, New Delhi, President Susilo Bambang Yudhoyono).

Dalam menghadapi kebutuhan pangan bagi penduduk dunia yang terus meningkat, dari sekitar 6 milyar orang tahun 2009 akan menjadi sekitar 9 milyar orang pada tahun 2050, sehingga menurut perhitungan organisasi pangan dan pertanian dunia (FAO) produksi pangan dunia harus naik 70% dari produksi saat ini, sedangkan ketersediaan lahan pertanian dunia tidak bertambah. Maka perlu langkah strategis untuk mengantisipasi kekurangan pangan yang dapat menimpa setiap saat.

Pada tanggal 28 Januari 2010, pada Seminar dan Pameran Nasional Ketahanan Pangan “Feed The World” pertama yang diselenggarakan oleh Kadin Indonesia, dengan tema: “Menuju swasembada yang kompetitif dan berkalanjutan serta mendorong produk-produk unggulan menjadi p
rimadona dunia.” Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan untuk selanjutnya visi Program dirubah menjadi “Feed Indonesia Feed The World”.

Perkembangan kebutuhan pangan dunia yang semakin meningkat, sementara Indonesia sesungguhnya memiliki potensi dalam memproduksi berbagai produk pangan merupakan peluang besar untuk menjadi negara swasembada pangan sekaligus memasok pangan dunia.

Dan perubahan pola pikir dan langkah aksi, merupakan faktor penting dalam mendukung keberhasilan pembangunan ekonomi yang tidak hanya tergantung pada pemerintah saja melainkan merupakan kolaborasi bersama antara Pemerintah dan Swasta, dalam semangat Indonesia Incorporated.

Diluncurkannya kebijakan tentang “ Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia ( MP3EI ) “ dengan 22 kegiatan ekonomi utama di 6 Koridor Ekonomi yaitu : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali Nusa Tenggara, Sulawesi Maluku Utara, dan Papua – Maluku. Untuk pelaksanaan MP3EI sampai dengan tahun 2025 , diperkiraan dana investasi sekitar Rp 4000 Triliun. Yang harus dipikul bersama antara Pemerintah termasuk BUMN, Masyarakat dan Perusahaan Swasta .


Peluang investasi sebesar USD 10 Milyar atau sekitar Rp 85,40 Triliun pasca pelaksanaan Forum Ekonomi Dunia Asia Timur 2011 yang diselenggarakan di Indonesia. Sebanyak 14 perusahaan multinasional diikat dalam Inisiatif Pengembangan Pertanian dalam kerangka World Economic Forum (WEF) di Indonesia dengan target peningkatan produktivitas produk pangan. Ke-14 perusahaan itu memastikan untuk membeli bahan baku dari petani. Target dari kemitraan itu adalah mewujudkan komitmen 20-20-20 , yakni meningkatkan produktivitas pertanian sebesar 20 persen; menurunkan emisi karbon dioksida 20 persen, dan mengentaskan warga dari kemiskinan 20 persen di daerah.

MP3EI akan dipegang sebagai referensi dan acuan di dalam menyusun Roadmap Ededisi II dibidang Pembangunan Ketahanan Pangan ;

Peluang investasi Rp 85,40 Triliun akan dimanfaatkan didalam pelaksanaan hasil Rakor Pangan Nasional dan Feed Indonesia Feed The World II sehingga terjadi kemitraan yang saling menguntungkan antara perusahaan multinasional dengan para pengusaha nasional dan petani Indonesia dalam mencapai Swasembada Pangan Nasional Berkelanjutan.

Untuk mengantisipasi krisis dimasa selanjutnya, Kadin Indonesia bersama Pemerintah akan terus meningkatkan produksi pangan dalam negeri secara berkelanjutan. Pihak pengusaha anggota Kadin Indonesia secara konsisten akan melaksanakan hasil Rakor Pangan Nasional dan Feed Indonesia Feed The World II, khususnya akan aktif berpartisipasi di dalam proses peningkatan produksi pangan nasional, antara lain melaui pelaksanaan Food Estate yang saat ini sudah dimulai di Marauke dengan program MIFEE atau Merauke Integrated, Food and Energy Estate. Peraturan Pemerintah untuk melaksanakan Food Estate telah tersedia yang memungkinkan mengundang investor dari luar negeri dan dalam negeri.

Berdasarkan masukan dari para nara sumber yang pada umumnya para pengambil keputusan, yaitu para menteri terkait, maka Rakor Pangan Nasional menyimpulkan bahwa bottlenecking : ketersediaan lahan, infrastruktur, teknologi dan akses terhadap teknologi, pembiayaan, iklim usaha dan diversifikasi pangan, akan selalu berupaya untuk dapat diatasi secara bertahap dan konsisten oleh pemerintah.


Sumber: Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) ,Feed Indonesia Feed The World II
Jakarta, 26 Juli 2011

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Doa Islam shalawat yang sering dibaca

Beberapa shalawat yang sering dibaca ========================= SHALAWAT NABI MUHAMMAD ALLAHUMMA SHALLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALIHI WA SHAHBIHI WASALLIM" Artinya : "Ya Allah limpahkanlah sholawat untuk Sayyidina Muhammad dan keluarganya dan sahabatnya dan limpahkan baginya salam" SHALAWAT NABI SULAIMAN --------------------------------- ALLAHUMMA IN DAKHOLA FI SHUROTI SULAIMANA MINAL MASYRIQI WAL MAGHRIBI LIDZATIHI WA QUWWATIHI WA JABRO-ILA WA’AZRO-ILA WA MULKI SULAIMANA MINAL MASYRIQI WAL MAGHRIBI JINNAN WA INSAN WA RIHAN WA GHOMAMAN WA SALLAMA TASLIMAN JALLA JALALUHU YA IBLISASY SYAITHONA FI ZHULUMATI WAN NUR,ROBBANA TAQOBBAL SULAIMANABNI DAWUDA ALAIHIMAS SALAM BIROHMATIKA YA ARHAMAR ROHIMIN Artinya : ya allah ya tuhanku, apabila gambar nabi sulaiman masuk dari timur sampai barat dengan zatnya, dan kekuatannya, dan jibril dan mikail, dan israfil dan kerajaan nabi sulaiman yang meliputi dari timur sampai ke barat dari jin dan manusia dan angin dan awan dan ke
PROFIL PENGAWAS BERPRESTASI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN  KOTA  TANGERANG SELATAN BANTEN DATA DIRI DAN  KELUARGA Nama Lengkap : Hj. Misdayati, M.Pd Tempat/Tgl Lahir : Muaraduo, 24 April 1965 Alamat : Jln. Benda Timur 134 E Benda Baru Pamulang, Tangsel Banten NIK : 3674066404650008 NIP : 131496597 Satuan Tugas : UPT Kecamatan Pamulang Jabatan : Pengawas Sekolah KELUARGA Nama Suami : Drs. Syamsuddin,   M.Bsc Anak : 1. Agung Mandela SH    2.M Iqbal MGA Riwayat Pendidikan NO TINGKAT NAMA SEKOLAH/PERGURUAN TINGG TAHUN LLULUS 1 Sekolah Dasar SD 2 Muaraduo 1977 2 Sekolah Menengah Pertama Muhamadiyah Sumsel 1981 3 Sekolah Menengah Atas SPG Neg Palembang 1984 4 Diploma Universitas Terbuka Jurusan Guru Kelas Sekolah Dasar dan AKTA2/ Diploma2 1997 5 Sarjana Universitas Bandung Raya Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2003 6 Pasca Sarjana UHAMKA Program MM Evaluasi dan Penelitian Pendidikan 2011 PENGALAMAN ORGANISASI DAN PRESTAS

The celestial management ZIKR, PIKR, MIKR

Pada abad ke-21 ini, persaingan dalam sektor bisnis semakin tajam, sehingga setiap praktek bisnis yang ingin menang  persaingan, harus memiliki keunggulan kompetitif tertentu dibandingkan dengan Pesaing. Keunggulan kompetitif organisasi perusahaan bisa terbentuk Melalui berbagai cara.  Salah satu cara untuk memiliki keunggulan kompetitif adalah dengan Menerapkan nilai etika dan spiritualitas (nilai surgawi / manajemen surgawi) di Indonesia Praktik bisnis Nilai adalah nilai yang mengacu pada prinsip 3 W, yaitu Ibadah, Kekayaan, dan Peperangan. Riawan Amin dalam bukunya 'The Celestial Management'   memaparkan konsep Celestial Management yang terdiri dari 3 bagian besar yaitu Worship, Wealth dan Warfare. Ada konsep ZIKR ( Zero Base, Iman, Konsisten dan Result Oriented ) dimana perpaduan antara zero based, iman, dan sikap konsistenakan menghasilkan sebuah hasil yang optimal untuk kemajuan bersama. Sedangkan pada wealth terdapat PIKR ( Power Sharing, Information, Kn