Skip to main content

Menjadikan Masyarakat Singkong Indonesia yang Sejahtera


Peran singkong sangat penting dalam kehidupan sekarang ini yaitu sebagai Food (sumber karbohidrat), Feed (pakan ternak), Fuel (sumber energi alternatif).

Dalam menghadapi krisis pangan dan energi, Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) telah bersiap menghadapinya dengan membuat beberapa program kerja, antara lain dengan proyek ’Peningkatan Pendapatan petani melalui pengembangan klastering Industri Singkong’ hal ini disampaikan oleh Ketua MSI H. Suharyo Husen dan DR. Marwah Daud Ibrahim pada acara Rountable Singkong dan aneka Tepung, diskusi Masyarakat singkong indonesia bersama KADIN Indonesia dan pada tanggal 8 Juli 2011 di Jakarta.

Klastering Agroindustri Singkong sasarannya adalah Petani, Buruh tani, Pemuda/pemudi tani dengan target pendapatan Rp 5 juta s/d Rp 20 Juta per bulan, menggunakan varietas singkong Hidayah dan Mangu yang mampu menghasilkan 100 s/d 120 ton pe Ha.

Lahan yang dgunakan untuk 1 kluster adalah 300 Ha, terdiri dari 120 KK, 1 Keluarga petani menggarap 2,5 Ha. Dan di setiap kulster dibangun pabrik industri pengolahan singkong, antara lain pabrik mocaf, tapioka dan lain-lain.

Saat ini masyarakat singkong indonesia sudah terbentuk di 10 Propinsi Dengan melaksanakan proyek klustering Agroindustri singkong, target MSI tahun 2015 adalah:
1. Petani tidak menjual singkong mentah lagi
2. Petani menjual produk olahan singkong (seperti Mocaf)
3. Tidak ada lagi pertanyaan ” Berapa harga singkong?’ yang ada ”berapa harga chhips/mocaf ?

Para utusan MSI dari berbagai daerah menyampaikan informasi nya, yang menarik antaralain Ir Sudarsono (kelompok tani dari Lampung) telah menerapkan teknik budidaya tertentu yang menghasilkan singkong mangu lebih dari 180 ton/Ha.
Pada kesempatan itu juga dsampaikan beberapa materi penting lainnya yaitu ’Strategi Pengembangan Produksi aneka tepung dalam mendukung diversifikasi pangan’ yang disampaikan oleh Fransiscus Welirang Ketua APTINDO (Asosiasi produsen Tepung Terigu Indonesia), sekalagus sebagai Ketua Komtap Ketahanan Pangan KADIN.

Dari Departemen pertanian menyampaikan ’Strategi peningkatan produksi Aneka Umbi’, Ketua GAPMMI Adhi S. Lukman menyampaikan materi ’Pengembangan Industri Pangan Berbasis Singkong dan Aneka Tepung’. Dan lainnya ’Potensi pengembangan sorghum di Indonesia’ disampaikan oleh Utama Kajo.

Menjelang penutup acara diadakan diskusi dan tanya jawab dan kesimpulan nya adalah:
Petani singkong harus sejahtera, harus sejajar dengan investor, ownership pabrik pengolahan singkong sampai menjadi tepung mocaf adalah milik petani.

MSI memberikan masukan kepada pemerintah antara lain:
1. Menetapkan Singkong dan turunannya sebagai komoditi strategis
2. PPn Dihapuskan (di tanggung pemerintah)
3. Mengusulkan model Klustering Industri Singkong

Semoga pemerintah dapat segera menanggapinya, sehingga dapat membantu masyarakat singkong dan rakyat Indonesia menjadi sejahtera bersama.



Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Doa Islam shalawat yang sering dibaca

Beberapa shalawat yang sering dibaca ========================= SHALAWAT NABI MUHAMMAD ALLAHUMMA SHALLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALIHI WA SHAHBIHI WASALLIM" Artinya : "Ya Allah limpahkanlah sholawat untuk Sayyidina Muhammad dan keluarganya dan sahabatnya dan limpahkan baginya salam" SHALAWAT NABI SULAIMAN --------------------------------- ALLAHUMMA IN DAKHOLA FI SHUROTI SULAIMANA MINAL MASYRIQI WAL MAGHRIBI LIDZATIHI WA QUWWATIHI WA JABRO-ILA WA’AZRO-ILA WA MULKI SULAIMANA MINAL MASYRIQI WAL MAGHRIBI JINNAN WA INSAN WA RIHAN WA GHOMAMAN WA SALLAMA TASLIMAN JALLA JALALUHU YA IBLISASY SYAITHONA FI ZHULUMATI WAN NUR,ROBBANA TAQOBBAL SULAIMANABNI DAWUDA ALAIHIMAS SALAM BIROHMATIKA YA ARHAMAR ROHIMIN Artinya : ya allah ya tuhanku, apabila gambar nabi sulaiman masuk dari timur sampai barat dengan zatnya, dan kekuatannya, dan jibril dan mikail, dan israfil dan kerajaan nabi sulaiman yang meliputi dari timur sampai ke barat dari jin dan manusia dan angin dan awan dan ke
PROFIL PENGAWAS BERPRESTASI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN  KOTA  TANGERANG SELATAN BANTEN DATA DIRI DAN  KELUARGA Nama Lengkap : Hj. Misdayati, M.Pd Tempat/Tgl Lahir : Muaraduo, 24 April 1965 Alamat : Jln. Benda Timur 134 E Benda Baru Pamulang, Tangsel Banten NIK : 3674066404650008 NIP : 131496597 Satuan Tugas : UPT Kecamatan Pamulang Jabatan : Pengawas Sekolah KELUARGA Nama Suami : Drs. Syamsuddin,   M.Bsc Anak : 1. Agung Mandela SH    2.M Iqbal MGA Riwayat Pendidikan NO TINGKAT NAMA SEKOLAH/PERGURUAN TINGG TAHUN LLULUS 1 Sekolah Dasar SD 2 Muaraduo 1977 2 Sekolah Menengah Pertama Muhamadiyah Sumsel 1981 3 Sekolah Menengah Atas SPG Neg Palembang 1984 4 Diploma Universitas Terbuka Jurusan Guru Kelas Sekolah Dasar dan AKTA2/ Diploma2 1997 5 Sarjana Universitas Bandung Raya Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2003 6 Pasca Sarjana UHAMKA Program MM Evaluasi dan Penelitian Pendidikan 2011 PENGALAMAN ORGANISASI DAN PRESTAS

KRI Ngurah Rai (DE 344) or Escort USS McMorris (DE 1036)

taken from USS Ponchatoula (AO 148) in Tonkin Gulf during a 1966 - 1967 cruise USS McMorris (DE 1036) Specifications: Class: Claud Jones Type: SCB No. 131 / 1956-57 Number in Class: 4 Displacement: 1,314 tons (light), 1,916 tons (full) Length: 301' (wl), 312' (oa) Beam: 38' (extreme) Draft: 18' (draft limit) Propulsion: 4 Fairbanks-Morse 38ND8 Diesels, 8,852 shp, 1 shaft Speed: 22 kts Range: 7,000 nm @ 12 knots Complement: 12 / 159 Guns: 2 - 3"/50 Mk 33 (2x1) ASW Weapons: 2 - Mk 11 Hedgehog, 6 - 12.75" (324mm) Mk 32 torpedo tubes (2x3) / Mk 46 torpedos Radars: AN/SPS-10 (surface), AN/SPS-6C (air) Sonars: AN/SQS-4 # Fire Control Systems: Mk70 Gun FCS, Mk105 Underwater Battery FCS McMorris (DE 1036) Building and Operational Data: 5 November 1958: Keel laid at the American Shipbuilding Co., Lorain, Oh. # 26 May 1959: Launched and christened at the Avondale Marine Ways, Inc., Westwego, La.; sponsored by Mrs. Charles H. McMorris, widow of Vice Adm. McMorris # 4 Mar