Skip to main content

BAGAIMANA CARANYA IKUT UJIAN PAKET C KAYAK BU SUSI ITU?


Di pertengahan Juli 2018, tersiar kabar kalau Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti baru aja lulus ujian Paket C. Hal itu artinya kini bu Susi yang sebelumnya cuma mengantongi ijazah SMP udah resmi berijazah SMA.

Tapi ngomong-ngomong, apa sih maksudnya Paket C itu? Kok kayak paket-paket hemat di restoran siap saji, ya?

Secara definisi, ada istilah jalur pendidikan yang namanya “Kelompok Belajar” atau Kejar. Jalur pendidikan ini merupakan jalur non-formal yang difasilitasi pemerintah buat siswa yang belajarnya gak melalui sekolah. Atau bisa juga buat mereka yang menggunakan kurikulum non-pemerintah.

Kejar itu sendiri punya tiga jenis, pertama adalah Paket A (SD), Paket B (SMP), dan Paket C (SMA). Setiap peserta Kejar bakal berpartisipasi dalam Ujian Kesetaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadi, dengan mengantongi ijazah Paket C yang setara SMA, kamu bisa menggunakannya buat melamar kerja sebagai PNS, pegawai swasta, hingga aparat keamanan. Dan bahkan, ijazah ini juga buat meneruskan pendidikan ke jenjang sarjana.

Tapi ngomong-ngomong nih, gimana sih caranya ikut ujian Paket C kayak bu Susi itu? Buat yang belum tahu caranya, mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Ketahui di mana PKBM penyelenggara ujian Paket C
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan program Paket C. PKBM ini masih berada di bawah Kementerian Pendidikan Nasional.

PKBM ini merupakan lembaga yang didirikan oleh pihak swasta, kamu pun bisa mendirikan lembaga ini lho. Lembaga ini ada di tingkat desa maupun kecamatan.

Kalau kamu pengin mencari informasi soal penyelenggara kegiatan ini, ketik aja di kolom pencarian Google. Pasti bakal ketemu kok institusi-institusinya.

2. Persiapkan dokumen-dokumen di bawah ini
Udah tahu di mana PKBM yang pengin kamu tuju buat ujian Paket C? Kalau udah, maka pastikan kamu menyiapkan dokumen-dokumen ini:

– Ijazah SMP sebanyak lima lembar dan dilegalisir

– Foto pribadi ukuran 3×4 (10 buah), latar belakang foto berwarna merah, dan foto mengenakan kemeja putih. Jangan lupa tulis nama lengkapmu di belakang foto

– Formulir pendaftaran (diunduh di situs PKBM atau di tempat penyelenggara Kejar Paket C)

3. Kirim semua berkas ke penyelenggara
Setelah semua berkasnya lengkap, kamu bisa langsung mengirimkannya ke penyelenggara program ujian Paket C tersebut. Bisa lewat email dengan melakukan scan terhadap dokumen-dokumen itu terlebih dulu, bisa lewat pos, atau diserahkan langsung ke alamat pendaftaran.

Jika kamu gak sempat buat mengantarkannya, masih bisa diwakilkan kok.

4. Periode pendaftaran

Tenang aja, buat bisa ikut ujian Paket C tahun 2019, periode pendaftarannya masih terbuka hingga Desember 2018. Ujiannya sendiri bakal berlangsung satu kali dalam satu tahun.

Tapi ada juga penyelenggara yang menggelar ujian selama dua kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, kamu mesti cari tahu tentang detail gelombang ujian ini ke pihak penyelenggara.

5. Fasilitas pendidikan
Gak cuma memfasilitasimu dengan ujian, penyelenggara ujian Paket C juga bakal memberikan program pendidikan setara SMA lho. Dan program ini bisa buat IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Waktu belajarnya pun tergolong fleksibel. Umumnya tiga kali dalam sepekan, waktunya dari pagi hingga siang atau sore hingga malam.

Demikian seluk-beluk ujian Paket C yang harus kamu ketahui. Gak ribet deh pokoknya buat ikut ujian ini.

SUMBER:
https://www.moneysmart.id/author/akbar/


Untuk pendaftaran sekolah Paket C (SMA IPA/IPS)
Hubungi SMS/WA 083813960556 atau 0838-355-455-59 (Ir, Rhino Pranapati)
menerima pendaftaran siswa Homeschooling dan kejar paket seluruh Indonesia

Tags: #ijazahresminegara #ujianpaketc #sekolahpaketC
#kejarpaketA
#kejarpaketB
#kejarpaketC


Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Doa Islam shalawat yang sering dibaca

Beberapa shalawat yang sering dibaca ========================= SHALAWAT NABI MUHAMMAD ALLAHUMMA SHALLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALIHI WA SHAHBIHI WASALLIM" Artinya : "Ya Allah limpahkanlah sholawat untuk Sayyidina Muhammad dan keluarganya dan sahabatnya dan limpahkan baginya salam" SHALAWAT NABI SULAIMAN --------------------------------- ALLAHUMMA IN DAKHOLA FI SHUROTI SULAIMANA MINAL MASYRIQI WAL MAGHRIBI LIDZATIHI WA QUWWATIHI WA JABRO-ILA WA’AZRO-ILA WA MULKI SULAIMANA MINAL MASYRIQI WAL MAGHRIBI JINNAN WA INSAN WA RIHAN WA GHOMAMAN WA SALLAMA TASLIMAN JALLA JALALUHU YA IBLISASY SYAITHONA FI ZHULUMATI WAN NUR,ROBBANA TAQOBBAL SULAIMANABNI DAWUDA ALAIHIMAS SALAM BIROHMATIKA YA ARHAMAR ROHIMIN Artinya : ya allah ya tuhanku, apabila gambar nabi sulaiman masuk dari timur sampai barat dengan zatnya, dan kekuatannya, dan jibril dan mikail, dan israfil dan kerajaan nabi sulaiman yang meliputi dari timur sampai ke barat dari jin dan manusia dan angin dan awan dan ke
PROFIL PENGAWAS BERPRESTASI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN  KOTA  TANGERANG SELATAN BANTEN DATA DIRI DAN  KELUARGA Nama Lengkap : Hj. Misdayati, M.Pd Tempat/Tgl Lahir : Muaraduo, 24 April 1965 Alamat : Jln. Benda Timur 134 E Benda Baru Pamulang, Tangsel Banten NIK : 3674066404650008 NIP : 131496597 Satuan Tugas : UPT Kecamatan Pamulang Jabatan : Pengawas Sekolah KELUARGA Nama Suami : Drs. Syamsuddin,   M.Bsc Anak : 1. Agung Mandela SH    2.M Iqbal MGA Riwayat Pendidikan NO TINGKAT NAMA SEKOLAH/PERGURUAN TINGG TAHUN LLULUS 1 Sekolah Dasar SD 2 Muaraduo 1977 2 Sekolah Menengah Pertama Muhamadiyah Sumsel 1981 3 Sekolah Menengah Atas SPG Neg Palembang 1984 4 Diploma Universitas Terbuka Jurusan Guru Kelas Sekolah Dasar dan AKTA2/ Diploma2 1997 5 Sarjana Universitas Bandung Raya Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2003 6 Pasca Sarjana UHAMKA Program MM Evaluasi dan Penelitian Pendidikan 2011 PENGALAMAN ORGANISASI DAN PRESTAS

KRI Ngurah Rai (DE 344) or Escort USS McMorris (DE 1036)

taken from USS Ponchatoula (AO 148) in Tonkin Gulf during a 1966 - 1967 cruise USS McMorris (DE 1036) Specifications: Class: Claud Jones Type: SCB No. 131 / 1956-57 Number in Class: 4 Displacement: 1,314 tons (light), 1,916 tons (full) Length: 301' (wl), 312' (oa) Beam: 38' (extreme) Draft: 18' (draft limit) Propulsion: 4 Fairbanks-Morse 38ND8 Diesels, 8,852 shp, 1 shaft Speed: 22 kts Range: 7,000 nm @ 12 knots Complement: 12 / 159 Guns: 2 - 3"/50 Mk 33 (2x1) ASW Weapons: 2 - Mk 11 Hedgehog, 6 - 12.75" (324mm) Mk 32 torpedo tubes (2x3) / Mk 46 torpedos Radars: AN/SPS-10 (surface), AN/SPS-6C (air) Sonars: AN/SQS-4 # Fire Control Systems: Mk70 Gun FCS, Mk105 Underwater Battery FCS McMorris (DE 1036) Building and Operational Data: 5 November 1958: Keel laid at the American Shipbuilding Co., Lorain, Oh. # 26 May 1959: Launched and christened at the Avondale Marine Ways, Inc., Westwego, La.; sponsored by Mrs. Charles H. McMorris, widow of Vice Adm. McMorris # 4 Mar