Wednesday, October 19, 2016

HARI KOPERASI DAERAH KOTA TANGSEL



Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Warman Syanudin mengungkapkan rangkaian Harkopda sejak hari ini hingga Minggu (16/10)  diisi dengan berbagai kegiatan misalnya, hari pertama, ada seminar tentang koperasi, seminar tentang tax amnesty dan lomba standup comedy.


“Hari berikutnya akan ada pawai koperasi dan jalan santai serta pasar murah paket sembako serta gerebek produk UMKM,” paparnya.


Ada 50 stand yang diisi 140 UKM selama kegiatan berlangsung dengan menampilkan beragam produk unggulan mereka dari kuliner, kerajinan tangan hingga baju dan sebagainya. Warman berharap Harkopda di tahun ini yang mengusung tema ‘Mewujudkan Reformasi Koperasi Untuk Lebih Mandiri dan Kreatif’ ini betul-betul nyata.



“Melalui tema yang kami usung harapannya ke depan Tangsel menjadi rumah produksi untuk kita sendiri mulai dari produksinya, pemasarannya dan kreativitasnya masing-masing UKM sebagai kesejahteraan bersama,” papar Warman.


Hari koperasi sejatinya pada 12 Juli dan sudah diselenggarakan secara nasional pada Agustus. Sedangkan tingkat provinsi diselenggarakan pada September sementara, Tingkat Kota Tangsel pada Oktober ini.

Setidaknya pesan dari perayaan Harkopda mengingatkan kepada masyarakat supaya tetap mengembangkan koperasi sebagai urat perekonomian masyarakat.

“Semangat berkoperasi sebagai basis ekonomi kemasyarakatan perlu didorong agar terus berkembang. Dari koperasi akan memunculkan banyak UKM dengan pangsa pasar yang jelas untuk memasarkan produk masing-masing,” tuturnya.


Sekdis Koperasi dan UKM Tangsel, Dahlia Nadeak mengajak masyarakat turut meramaikan Harkopda untuk mengobarkan semangat dalam berkoperasi. Bagi warga yang belum bergabung di koperasi yang ada di lingkungan masing-masing dapat hadir untuk mendapatkan informasinya.

“Masyarakat umum silahkan berkunjung ke stand-stand pameran. Banyak produk berkualitas dengan harga ekonomis hasil produk rumahan Tangsel cukup banyak. Bisa juga mencari informasi tentang koperasi itu bagaimana,” katanya.

Harkopda yang diselenggarakan itu tak sekadar hanya peringatan semata. Tapi bagian dari upaya untuk meningkatkan pendapatan bagi pelaku UKM yakni memasarkan produk, membuka jaringan secara terbuka antara pedagang dengan masyarakat umum dengan tempat yang amat representatif bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

“Pemilihan tempat strategis sebagai pertimbangan agar pengunjung dapat membanjiri pelaksanaan Harkopda. Dengan banyaknya pengungjung maka dapat dipastikan transaksi penjualan produk akan lebih besar,” tuturnya.(din) tangselpos.

No comments:

Post a Comment