Saturday, June 20, 2009

Parade Kapal Perang Internasional (International Fleet Review/IFR) di Bunaken

TNI-AL Akan Menyelenggarakan Perhelatan Kelautan Bertaraf Internasional "SAIL BUNAKEN 2009" Pada Tanggal 11 Sampai 19 Agustus 2009 Mendatang. Kegiatan Tersebut Akan Menampilkan Parade Kapal Perang Internasional (International Fleet Review/IFR) dan Selam Massal.

Internastional Fleet Review adalah kegiatan puncak, berupa parade Kapal Perang (Warship dan Tallship) dan akan di inspeksi oleh Kepala Negara sebagai Panglima Tertinggi TNI.

Sebanyak 30 Negara Western Pasific Naval Symposium dan 14 negara lainnya di undang untuk mengikuti IFR, 11 negara akan hadir dengan delegasi dan kapal perangnya yaitu, Amerika Serikat kemungkinan dengan dua kapal perangnya, salah satu nya Kapal Induk Helly, Australia (HMAS New Castle dan HMAS Leeuwing), Jepang (3 kapal destroyer), Singapore (1 kapal), Thailand (3 kapal Frigate), Inggris 1 Kapal (HMS Echo) India (1 kapal Destroyer), Brasil (1 kapal Landing Ship Tank), Perancis (1 kapal), Malaysia (2 kapal KD Kedah dan KLD Tunas Samudera. Sednagkan Belanda, Chili, Peru, Suriah dan Turki hanya mengirimkan delegasinya saja.

Indonesia akan melibatkan 10 Kapal perang, 1 Flight Sukhoi, 1 Flight F-16, 1 skuardon Cassa, 1 Skuadron Nomad, Total nya hingga saat ini, 35 Kapal perang, 2 Flight TNI AU dan 2 skuadron Pesud TNI AL

IFR 2009 memiliki nilai strategis antara lain, betapa pentingnya membangun kekuatan maritim yang mampu menjaga kepentingan Nasional dan Internasional, memupuk jiwa dan semangat bahari bahari masyarakat Indonesia. Para peserta dari negara lain dapat lebih mengenal, keindahan dan kekayaan laut Indonesia.

Semoga dengan kegiatan ini dapat terjalin kerja sama dan persahabat antara TNI AL dengan Angkatan Laut Negara-negara sahabat.

untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi :
http://www.tnial.mil.id/tabid/61/articleType/ArticleView/articleId/1699/SAIL-BUNAKEN-2009.aspx
http://boss1965.blogspot.com/2007/08/lokasi-peta-bunaken-untuk-event-sail.html

No comments:

Post a Comment